التابع للاسم المرفوع
Tabi’ Bagi Isim Marfu’

Pada posti ngan sebelumnya saya telah memaparkan enam keadaan-keadaan isim marfu. Dan ada juga isim itu marfu apabila mengikuti isim yang marfu’ atau bisa kita katakan tabi’.
Dan tabi’ itu adalah kata-kata yang mengikuti suatu kata sebelumnya dalam I’rab, maka mereka ada yang marfu’, manshub atau majrur.
Pembagian tabi’ untuk isim marfu’
Tabi’ itu ada 4 yaitu:

  • Na’at
  • ‘Athaf
  • Taukid
  • Badal

Nah untuk penjelasan pertama kita mulai dari na’at.
1- Na’at
Na’at adalah tabi’ yang menunjukkan atas sifat pada isim sebelumnya
Contoh:
جَاءَ الرَّجُلُ الْفَاضِلُ (الفاضل: نعت لرجل مرفوع بالضمة لأنه تابع لاسم مرفوع)

Jenis-Jenis Na’at
Na’at itu terbagi kepada 2 jenis:
- Na’at haqiqi adalah na’at yang mensifati kata sebelumnya (man’ut).
Na'at ini menyesuaikan man'utnya dalam beberapa hal :
1. I'rab (rafa'-nashab-jar)
Contoh:
جاء الرجلُ الكريْمُ – رأيتُ رجلاً كريمًا - مررت برجلٍ كريمٍ

2. Muanas-Mudzakar
Contoh:
جَاءَتِ اْلاِمْرَأَةُ الصَّغِيْرَةُ – جَاءَ الرَّجُلُ الصَّغِيْرُ

3. Ma'rifat-Nakirah
Contoh:
جَاءَ الرَّجُلُ اْلكَبِيْرُ – رَأَيْتُ رَجُلاً ثَمِيْنًا

4. Jumlahnya (mufrad-tasniyah-jama’)
Contoh:
حَضَرَ الطَّالِبُ اْلمَاهِرُ – حَضَرَ الطَّالِبَانِ اْلمَاهِرَانِ – حَضَرَ الطُّلاَّبُ اْلمَاهِرُوْنَ

Dan apabila man’ut nya itu jama’ untuk yang tidak berakal maka boleh untuk menjadikan na’at hakiki itu dalam bentuk mufrad muannas atau jama’ muannas.
Contoh:
اْلجِبَالُ اْلعَالِيَةُ أَوِ اْلعَالِيَاتُ

Pembagian Na’at Hakiki
Na’at hakiki itu terbagi atas 3 jenis
1) Isim zhahir
Contoh:
اْلقَاهِرَةُ مَدِيْنَةٌ عَظِيْمَةٌ (عظيمة: نعت)

2) Syibhu jumlah (baik zharaf atau jar dan majrur)
Contoh:
لِلْحَقِّ صَوْتٌ فَوْقَ كُلِّ صَوْتٍ (فوق: ظرف نعت لصوت)
تُذَاعُ أَلْحَانُ مِنْ رَوَائِعِ النَّغْمِ (من روائع: جر ومجرور نعت لالحان)

3) Jumlah isimiyah atau fi’liyah (dan posisi jumlah sebagai na’at hanya bila ada man’utnya itu nakirah)
Contoh:
مَضَى يَوْم بردُه قارص (برده: قارص: جملة اسمية نعت ليوم)
هَذَا عَمَلٌ يُفِيْدُ (يفيد: جملة فعلية نعت لعمل)

- Na’at sababi adalah na'at yang mensifati kata sesudahnya yang masih mempunyai hubungan arti dengan kata sebelum na'at.
Na'at ini mengikuti man'ut dalam hal i'rob dan nakiroh-ma'rifat serta menyesuaikan kata sesudahnya dalam hal muanas-mudzakar.
Na'at sababiy selalu dalam bentuk mufrod.
Contoh:
جَاءَ الرَّجُلُ الْفَاضِلُ أخوه - جَاءَ الرَّجُلُ الْفَاضِلُ أخواه - جَاءَ الرَّجُلُ الْفَاضِلُ أخواهما - جَاءَ الرَّجُلُ الْفَاضِلُة أخواتهم - جَاءَت سيدات فَاضِلُة أخواتهن


2- 'Athaf
'Athaf adalah Tabi' (lafazh yang mengikuti) yang antara ia dengan matbu'nya ditengah-tengahi oleh salah satu huruf 'athaf.
Dalam athaf mengikuti kata sebelumnya (ma'thuf) hanya dlm hal i'robnya, bukan muanas-mudzakar atau mufrod-tasniyah-jamak.
Contoh:
نجحت سعاد وأختها (كلمة أخت مرفوعة لأنها معطوفة إلى كلمة سعاد وهي فاعل مرفوع)

Hurur ’Athaf itu ada 9:
1.Huruf wawu (الواو) yang berfungsi untuk mengumpulkan. Dua hal yang berbarengan bisa di’athafkan dengan huruf wawu (الواو) ini
Contoh:
جاء محمدٌ وحسنٌ وسعيدٌ

2. Huruf fa` (الفاء) untuk tartib dan ta’qib. Makna tartib: bahwa yang kedua setelah yang pertama. Makna ta’qib adalah yang kedua terjadi segera setelah yang pertama tanpa jeda
Contoh:
دخل المتهم فالمحاى

3. Lafaz tsumma (ثم), untuk tartib bersama tarakhi. Makna tartib telah lewat. Makna tarakhi adalah bahwasanya antara yang pertama dan yang kedua ada jeda
Contoh:
مات الرشيدُ ثم المأمون

4. Lafaz aw (أو), untuk takhyir atau ibahah. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa takhyir tidak boleh mengumpulkan, adapun ibahah boleh mengumpulkan
Contoh:
نقل الخبر محمد أو علي

5. Lafaz am (أم), untuk meminta penentuan pilihan setelah hamzah istifham
Contoh:
أكتب هذا المقال عمر أم محمود؟

6. Lafaz bal (بل), untuk i’radh. Maknanya adalah menjadikan sebelum kata ini ke dalam hukum yang dipalingkan darinya
Contoh:
ظهر على الأمواج زورق بل باخوة

7. Lafaz lakin (لكن), menunjukkan penetapan hukum apa-apa yang sebelum kata ini dan menetapkan lawan dari apa-apa setelahnya.
Contoh:
ما نجح عَلِيٌّ لكن أخوه.

8. Lafaz hatta (حتى), untuk tadrij dan akhir/tujuan. Tadrij adalah yang menunjukkan berlalunya hukum setahap demi setahap
Contoh:
فر العدو حتى القائد

9. Lafaz (لا), menafikan dari apa-apa yang setelah لَا hukum yang berlaku pada apa-apa yang sebelum لَا.
Contoh:
نضج البطيخ لا العنب

Catatan:
Lafaz tsumma (ثم) dengan di dhammahkan tsa’ adalah huruf ‘athaf sebagaimana pada penjelasan di atas. Dan pada akhir lafaz tsumma kadang-kadang di masuki huruf ta’ maftuhah maka kita katakan ((ثمت)) seperti yang dikatakan ibnu malik dalam wazan jama’ qallah : ((أفعلة أفعل ثم فعلة ثمت أفعال جموع قلة)).
Adapun lafaz (ثم) yang difatahkan huruf tsa’ adalah zharaf yang menjelskan kepada tempat jauh dengan makna disana. Dan pada akhir lafaz ثم kadang-kadang dimasuki huruf ة marbuthah, maka diucapkan ((ثمة)).
Contoh:
وثمة شروط عديدة للنجاح


3- Taukid
Taukid adalah isim tabi’ (yang mengikuti kata sebelumnya baik rafa’, nashab maupun jar) dalam kalimat, dan berfungsi untuk mencegah keraguan yang kadang-kadang terjadi pada si pendengar.
Contoh:
حَضَرَ اْلقَائِدُ نَفْسُهُ (نفسه: توكيد لقائد وهو مرفوع لأنه تابع لاسم مرفوع)

Pembagian Taukid
Taukid itu ada dua:
1- Taukid lafzhi adalah taukid yang mengulang lafazh yang ditaukidkan.
Contoh:
جاء الوزيرُ الوزيرُ
الحريةُ الحريةُ أغلى مطلب

2- Taukid ma’nawi adalah pengukuhan disegi maknanya saja. Adapun lafaz-lafaz taukid ma’nawi adalah sebagai berikut:
- Lafaz nafsun (نفس) dan ‘aynun (عين)
Lafaz nafsun dan ‘aynu keduanya itu di mufradkan apabila muakkadnya itu mufrad dan jama’kan dalam wazan ((أفعل)) apabila muakkad nya itu mutsanna dan jama’.
Contoh:
ألقى الشاعر نفسه قصيدته – حضرت فاطمة عينها.
جاء الرجلان أنفسهما – جاءت المرأتان أعينهما – جاء الرجال أعينهم – جاءت النساء أنفسهن

- Lafaz kullu (كل), jami’ (جميع) dan ‘ammah (عامة)
Lafaz-lafaz ini mentaukidkan apa saja yang membutuhkan penyertaan dari semua muakkad yang mufrad dan bagian-bagiannya.
Contoh:
جاء الركب كله – الأمة العربية جميعها قلب واحد – حضر القوم عامتهم

Hal ini banyak juga yang didatangkan dengan lafaz ((أجمع)) setelah lafaz ((كل)) dan itu untuk menguatkan taukid. Dan ada juga dengan lafaz ((بأجمع)) untuk mufrad muzakkar , ((جعماء)) untuk mufrad muannas, ((أجمعون)) atau ((أجمعين)) untuk jamak muzakkar dan ((جمع)) untuk jama’ muannas.
Contoh:
جاء الركب كله أجمع – هبت المدينة كلها جمعاء.
حضر الرجال كلهم أجمعون – جاءت النساء كلهن جمع – ((فسجد الملائكة كلهم أجمعون))

Dan tekadang ada juga lafaz ((أجمع)) yang tidak didahului oleh lafaz ((كل))
Contoh:
جاء الرجال أجمعون.

- Lafaz  (كلا) dan  (كلتا)
Lafaz ((كلا)) digunakan untuk mentaukidkan mutsanna muzakkar, sedangkan ((كلتا)) untuk mentaukidkan mutsanna muannas.
Keduanya hanya akan menjadi taukid apabila pada keduanya itu ditambahkan dhamir.
Contoh:
جاء الرجلان كلاهما – الكاتبتان كلتاهما بارعتان.

Catatan:
Kata-kata seperti ((نفس، عين، كل، جميع، عامة، كلا، كلتا)) itu berfungsi sebgai taukid apabila kata-kata itu datang setelah muakkad dan bersambung dengan dhamir maka kata-kata itu disesuaikan dengan muakkad. Sebagaimana pada contoh-contoh sebelumnya.
Dan akan tetapi jika kata-kata tersebut datang pada posisi yang lain, maka kata-kata itu di I’rabkan menurut posisinya dalam kalimt.
Contoh:
((فيهما عينان تجريان)) (عينان: مبتدأ مؤخر مرفوع بالألف لأنه مثنى)
جاء نفس الرجل (نفس: فاعل مرفوع بالضمة)
((كل امريء بما كسب رهين)) (كل: مبتدأ مرفوع بالضمة)
حضر الجميع الأعضاء (جميع: فاعل مرفوع بالضمة)
تظاهر العمة من الناس (العامة: فاعل مرفوع بالضمة)
كلا الرجلين حاضران (كلا: مبتدأ مرفوع بالضمة مقدرة على الألف)



4- Badal.
Badal adalah tabi’ yang disebutkan di dalam suatu kalimat untuk mewakili kata sebelumnya, baik mewakili secara keseluruhan ataupun sebagiannya saja.
Contoh:
كرم الخليفة هارون الرشيد العلماء
(هارون الرشيد بدل للخليفة وهو مرفوع لأنه بدل لاسم مرفوع)

Pembagian badal.
Badal itu ada tiga jenis:
- Badal mutabiq : Yaitu antara badal dan mubdal minhu itu mempunyai arti dan maksud yang sama. ( badal dan mubdal minhu itu terdiri dari satu arti dan satu personalia) sebagaimana pada contoh diatas.
- Badal ba’dhu min kul: badal yang menjadi bagian dari mubdal minhu nya.
Contoh:
طبع الكتاب جزؤه الأول.

- Badal isytimal: Yaitu badal yang terdiri dari lafadz yang ada hubungan erat dengan mubdal minhu yang bukan kulliyah atau bukan juz’iyah-nya.
Contoh:
سرني الشارع نظافته
Catatan:
Wajib pada badal ba’dhu mun kul dan badal isytimal untuk bersambung pada tiap-tiap keduanya dengan dhamir yang kembali pada mubdal minhu.

Sumber: Mulakhas Qawa'idul Lughah Al-'Arabyah (Fu'ad Ni'mah), hal.51-57


Post a Comment

 
Top