Isim Marfu' dan Tanda-Tanda Rafa' Isim

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memaparkan tentang Isim Mu’rab dan Pembagiannya. Nah, untuk makna isim mu’rab saya tidak mencantumkannya lagi disini karena sudah ada pada postingan sebelumnya, yaitu pada PEMBAGIAN ISIM DILIHAT DARI SEGI I'RAB DAN BINA.

Oke sekarang saya akan lanjutkan dengan Pembagian Isim Mu’rab. Isim Mu’rab dibagi kepada tiga bagian yaitu:
  1. Isim Marfu’
  2. Isim Manshub
  3. Isim Majrur
Nah, untuk penjelasan yang pertama saya akan menjelaskan tentang Isim Marfu'


1. Isim Marfu’ (الاسم المرفوع) dan Tanda-Tanda Rafa’ Isim
Isim Marfu’ adalah isim yang tanda rafa’nya dengan dhammah, alif dan waw.
Berikut rinciannya:


  • Dhammah (الضمة)

Yang ada pada isim mufrad, jama’ muannas salim dan jama’ taksir.
 Contoh:
نجح الطالبُ (مفرد)
حضرت المدرساتُ (جمع المؤنث السالم)
قام الرجالُ (جمع تكسير)



  • Alif (الألف)

Yang ada pada Isim Mutsanna (dan huruf alif ini bukanlah bagian dari isim tetapi dia merupakan      tambahan pada isim mufrad untuk menunjukkan kepada tasniyah dan sebagai tanda untuk rafa’ isim)
Contoh:
 نجح الطالبان (مثنى مذكر)
 الطائرتان عاليتان (مثنى مؤنث)



  • Waw (الواو)

Yang ada pada Jama’ Muzakkar Salim dan Asmaul Khamsah (أب – أخ – حم – فو – ذو) (dan huruf waw jama’ bukanlah bukanlah bagian dari isim tetapi dia merupakan huruf tambahan pada isim mufrad untuk menunjukkan kepada jama’ dan sebagai tanda rafa’)
Contoh:
حضر المهندسون (جمع المذكر السالم)
جاء أخوك (الأسماء الخمسة)

Demikianlah pemaparan saya tentang Isim Mu’rab dan Pembagiannya dan juga untuk postingan saya pada kali berikutnya saya akan menjelaskan tentang Isim Marfu' dan Keadaan-Keadaan Rafa' Isim . Lebih dan kurang saya mohon ma'af yang sebesar-besarnya jika ada terdapat kesalahan-kesalahan dalam postingan.

Sumber: Mulakhas Qawa'idul Lughah Al-'Arabyah (Fu'ad Ni'mah), hal.24-25

Semoga Bermanfaat.....!!!!
Terima Kasih. 


Post a Comment

 
Top